Kesuksesan penyelenggaraan Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 harus diakui membuat dunia modifikasi Tanah Air makin bertaji. Tak hanya mulai makin banyak bermunculan brand lokal ke permukaan dan semakin dikenal khalayak, namun industri modifikasi Indonesia makin dikenal dunia internasional.

National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) selaku penyelenggara IMX ingin mengulang kesuksesan ajang expo modifikasi itu dengan menggelarnya kembali tahun ini di Balai Kartini, Jakarta.  Event ini diselenggarakan dua hari pada tanggal 28-29 September 2019. Be there!

 

IMX 2019 di Jakarta 

Penyelenggaraan IMX selalu diwarnai dengan kegiatan-kegiatan menarik dan kreatif berbau modifikasi. IMX 2019 nanti pun akan seperti itu, terutama untuk menggugah dan membangkitkan industri aftermarket di Indonesia. Faktanya, industri aftermarket bukan sekadar pelengkap, melainkan juga merupakan  aspek penting dalam industri otomotif. 

Selain itu, dalam IMX 2019 yang membawa tema “The Power of Collaboration”, diharapkan akan terjalinnya kolaborasi lintas industri. Hal ini karena IMX merupakan wadah yang mempertemukan seluruh potensi industri mobil dan aftermarket, dimana mereka dapat bersama-sama membentuk ide kreatif untuk mengembangkan produk otomotif. 

Dalam IMX 2019 ini menargetkan pengunjung akan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Sekadar mengingatkan, IMX 2018 dihadiri 11 ribu pengunjung dengan nilai transaksi mencapai sekitar Rp 3 miliar. 

 

Popularitas IMX

Konsep awal penyelenggaraan, IMX memang sudah dirancang agar dapat menjembatani industri mobil dan aftermarket yang diharapkan dapat menyampaikan inovasinya pada buyer. Selain sebagai pameran modifikasi yang sangat menarik, IMX juga dijadikan wadah untuk penjual dan pembeli bertemu dan bertransaksi terhadap produk modifikasinya. 

Kepopuleran IMX tahun ini diharapkan mampu membawa gaung modifikator Indonesia hingga ke tingkat Internasional. Tahun ini sendiri kapasitas booth dalam ruang pamer Balai Kartini dimaksimalkan pemakaiannya. Dan booth yang disediakan untuk pameran sudah terjual habis tepat sebelum 3 bulan sebelum penyelenggaraan IMX 2019 berlangsung. Menurut Andre Mulyadi, persiapan untuk pameran mobil mewah ini sudah rampung sekitar 80 % hingga saat ini. Persiapan ini meliputi promosi, program acara, kerjasama dan teknis penyelenggaraan.

Menurut pendiri IMX itu, saat ini mereka (tim IMX) hanya perlu menunggu pengunjung untuk hadir dalam IMX 2019. IMX 2019 ini nampaknya akan dimeriahkan oleh tenant yang memiliki produk aftermarket terbaik serta para modifikator berpengalaman yang sudah berkecimpung puluhan tahun di bidangnya. 

 

Dukungan Pemerintah

Respon positif tidak hanya datang dari pengunjung juga dari Pemerintah. IMX sangat diharapkan menjadi “corong” karya modifikasi dan produk aftermarket karya anak bangsa sehingga lebih dikenal oleh dunia. Ini sangat menguntungkan dan dapat membawa nama baik Indonesia. 

Pemerintah menyampaikan dukungannya melalui Kemenperin (Kementerian Perindustrian). IMX tahun kedua yang akan digelar pada bulan September mendatang ditargetkan akan menjadi salah satu expo besar di Asia Tenggara dan menjembatani produk tanah air masuk serta bersaing di dunia otomotif Internasional.