October 04 – October 06, 2024 / Indonesia Convention & Exhibition, ICE BSD

Dua Tim Black Stone Live Modz 2023 Rampungkan Modifikasi Hyundai H-1, Siap Hadirkan Kejutan di OLX IMX 2023

IMX – Black Stone Live Modz Challenge kembali hadir mewarnai gelaran OLX Indonesia Modification Expo (OLX IMX 2023) ‘The Future of Creativity’.

Kompetisi adu kreativitas modifikasi tahun ini mengangkat tema ‘All Stars’, mempertemukan dua tim beranggotakan masing-masing tiga orang car enthusiast berbeda latar belakang tetapi memiliki kegemaran yang sama di dunia otomotif.

Selama kurang lebih satu bulan pengerjaan modifikasi, dua tim berhasil menjawab tantangan Black Stone Live Modz 2023 dengan menerapkan ragam tema modifikasi berbasis Big MPV Hyundai H-1.

Di tahun ini, dua tim yang berkompetisi terdiri dari Tim Reviewer Otomotif: Fitra Eri, Om Mobi ‘MotoMobi TV’ dan Ridwan Hanif melawan Tim Artis: Uya Kuya, Baim Wong, dan Atta Halilintar.
Ajang modifikasi Black Stone Live Modz Challenge 2023 ‘All Stars’ sebelumnya telah dibuka secara resmi oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ketua Dewan Pembina National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Bambang Soesatyo.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menjelaskan, dua kontestan memiliki kreativitas dan inovasi tersendiri yang layak ditunggu hasilnya untuk memperebutkan Piala Ketua MPR RI dan total hadiah Rp1 miliar . Kontes modifikasi terbesar di Indonesia tahun ini melibatkan proses modifikasi, presentasi hasil modifikasi, penilaian oleh tim juri, sampai penentuan pemenang Black Stone Live Modz Challenge 2023 ‘All Stars’.

“Tahun ini, Black Stone Live Modz menantang dua tim modifikasi yang dihuni para car enthusiast berbeda latar belakang. Seperti kita ketahui, keduanya punya selera dan standard tersendiri dalam modifikasi Big MPV Hyundai H-1. Sebagai komitmen asosiasi modifikasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), kontes modifikasi ini juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat seluruh elemen penggerak industri modifikasi dan aftermarket. Utamanya mewujudkan gagasan masing-masing sebagai wujud dari pertumbuhan di bidang otomotif sebagai bagian dari lima sektor prioritas program pemerintah,” ujar Bamsoet.

Bidang usaha modifikasi otomotif merupakan bagian dari lima sektor bidang manufaktur yang mendapat prioritas pengembangan dari Presiden Joko Widodo dalam mempersiapkan Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0.

Oleh karena itu, hadirnya Black Stone Live Modz Challenge 2023 ‘All Stars’ memotivasi para pelaku usaha modifikasi otomotif demi memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat.

“Industri modifikasi dan aftermarket Indonesia sudah tidak diragukan lagi potensinya. Dari sinilah kita bersama-sama kembali mempersiapkan tantangan serta terobosan baru termasuk tren elektrifikasi ke depan. Upaya ini tak lain demi mendorong industri modifikasi dan aftermarket Indonesia terus berkembang dengan hadirnya karya modifikasi yang lebih terarah, proper, dan fungsional. Sudah selayaknya, Indonesia tumbuh menjadi salah satu barometer modifikasi dengan beragam karya yang sudah melanglang buana sampai ke kancah internasional. Apalagi, para pelakunya didominasi oleh sekitar 64 juta orang dengan usia produktif 16-30 tahun,” ucap Bamsoet.

Karya dua tim peserta Black Stone Live Modz 2023 dijurikan langsung oleh para ahli di bidang modifikasi seperti Pebalap Nasional dan Wakil Ketua Umum IMI Mobilitas Rifat Sungkar, Punggawa Spesialis Interior Vertue Concept Edy ‘Vertue’ dan Editor In Chief nmaa.co.id Octo Budhiarto.

Tiga juri Black Stone Live Modz 2023 merupakan para pegiat modifikasi selama belasan tahun yang dipercaya melangsungkan penilaian sesuai pedoman regulasi modifikasi.

Andre Mulyadi selaku IMX Project Director mengatakan, Black Stone Live Modz Challenge menampilkan persaingan ketat antara para car enthusiast dalam menuangkan kreativitas dan inovasi berbasis Big MPV Hyundai H-1 yang memiliki banyak potensi untuk terjun di ajang kontes modifikasi.

“Penentuan basis mobil modifikasi Hyundai H-1 dipilih lantaran saat ini tren modifikasi mobil MPV semakin diminati karena kemampuannya mengakomodasi banyak penumpang dan barang bawaan. Para kontestan wajib memastikan hasil modifikasi mobil masing-masing memuat unsur out of the box, kreativitas, proper, function, estetik, attention to detail dan eksplorasi. Sejak awal penayangannya di kanal Youtube, sambutan hangat dari masyarakat ditunjukkan dengan mampu mengantongi jutaan views di kanal YouTube para peserta, dan juga tanggapan di kolom komentar. Hal ini menandakan antusiasme tinggi terhadap kontes modifikasi terakbar yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari euforia OLX IMX 2023 ‘The Future Of Creativity’,” papar Andre.

Berkaca pada gelaran di tahun – tahun sebelumnya, Black Stone Live Modz sebagai salah satu IMX Supporting Content ditunjukkan memuat fungsi hiburan sekaligus upaya dalam menguatkan ekosistem industri modifikasi aftermarket meliputi car enthusiast, produsen barang aftermarket, dan bengkel spesialis.

“Kreasi dari para modifikator di kontes modifikasi Black Stone Live Modz 2023 kami harapkan dapat menghasilkan dampak positif, edukasi dan hiburan. Animo tinggi sudah terlihat dari jauh-jauh hari sebelum proses presentasi dan penentuan pemenang. Tentunya, para kontestan wajib mengikuti poin regulasi dan ketentuan yang berlaku,” jelas Andre.

Setelah memulai proses modifikasi pada awal September 2023 lalu, tahap selanjutnya adalah sesi unveil di hari Jumat, 29 September 2023 dan langsung dinilai oleh Dewan Juri untuk kemudian masuk ke penentuan pemenang di penghujung acara pada 1 Oktober 2023 mendatang.

“Seiring dengan perkembangan tren modifikasi yang kini menjadi gaya hidup masyarakat khususnya generasi muda, dan didukung kompetensi dari produsen aftermarket, modifikator, dan spesialis di bidangnya. Para kontestan juga merupakan pelopor kolaborasi lintas industri yang berperan aktif dalam membangun serta mengembangkan prospek cerah industri modifikasi dan aftermarket di Indonesia,” sambung Andre.

Persiapan Akhir

Menjadi bagian dari OLX IMX 2023 Supporting Content, Live Modz Challenge merupakan program modifikasi yang sukses diselenggarakan sejak 2014 lalu oleh penyelenggara PT Signal Group Indonesia.

Tujuannya, sebagai wadah eksplorasi modifikasi dengan gaya yang berbeda di tengah maraknya kontes modifikasi pada era itu.

Seiring waktu, berbagai apresiasi diperoleh dalam gelaran modifikasi singkat ini. Salah satunya beberapa kali meraih Museum Rekor Indonesia (MURI).

Memasuki 2023, gelaran Black Stone Live Modz Challenge ‘All Stars’ melibatkan peran aktif semua elemen industri termasuk dua bengkel modifikasi besar di Indonesia yang mendapat kepercayaan membangun mobil modifikasi berbasis Hyundai H-1.

Salah seorang Punggawa Akasia Motor, Indra yang ditunjuk sebagai Head of Modificator Tim Reviewer Otomotif mengatakan, kontes modifikasi Black Stone Live Modz 2023 menjadi suguhan menarik dalam upaya memajukan industri modifikasi dan aftermarket.

“Dalam menggencarkan pengerjaan modifikasi Hyundai H-1, semua anggota tim mampu memberikan ide kreatifnya. Modifikasi Big MPV dengan nama RI 1 Concept memberikan sebuah rekayasa mobil perlindungan level tertinggi yang diandalkan oleh Presiden Indonesia untuk mengawal presiden sampai ke daerah pelosok di Indonesia. Kami menggabungkan keandalan sebuah MPV keluarga yang bisa menempuh berbagai medan jalan, kenyamanan dan keselamatan kelas wahid, fitur hiburan mumpuni, sistem monitoring tingkat tinggi, serta unsur Go-Green dari penggunaan material ramah lingkungan,” urai Indra.

“Setelah memastikan semua part terpasang dan berfungsi dengan baik. Saat ini pengerjaan telah memasuki tahap 70 persen didukung para anggota tim. Pengerjaan kaki-kaki oleh Mega Arvia, Bodyworks oleh Akasia Motor, Lighting oleh Deny Yoong Motor, Autorefinish oleh Penta Prima Paint, Audio oleh Venom, Interior oleh Creative Automotidified, dan produk Serabut kelapa (cocoboard) oleh PT Rekadya Multi Adiprima (RMA). Pengerjaan ini didasari atas berbagai ide dari Tim Reviewer misalnya, Om Mobi ingin tampil ALTO, sedangkan Om Fitra dan Om Ridwan masing-masing menginginkan Hyundai H-1 memenuhi unsur kenyamanan dan ramah lingkungan,” lanjut Indra.

Tidak jauh berbeda dengan kompetitornya, Head of Modificator Tim Artis Tomi Gunawan mengatakan progres pengerjaan modifikasi Hyundai H-1 dari Tim Artis saat ini sudah selesai dengan mengusung konsep VIP Style. Punggawa bengkel modifikasi Tomi Airbrush ini menyebut modifikasi Hyundai H-1 Tim Artis telah melakukan modifikasi total full customized dengan proses pengerjaan lebih rumit dari biasanya.

“Konsep VIP Style sudah terwujud sempurna di mobil ini. Kita menggabungkan pengerjaan secara handmade dan machine made secara bersamaan. Mobil ini punya ragam keunggulan dan kemewahan dari MPV premium seperti hadirnya sistem full motorized, voice command, dan artificial intelligence (AI) bisa mengoperasikan sejumlah fitur dan fungsi.

Secara total, modifikasinya hadirkan nuansa kabin first class di private jet yang terwujud dari teknologi tingkat tinggi, effort dan kreativitas. Senada dengan perpaduan elegan dan futuristik di bagian eksterior,” ulas Tomi.

“Totalitas dan detail menjadi penunjang utama modifikasi Hyundai H-1 besutan Tim Artis. Dari semua sektor modifikasi, kami pastikan mobil ini memberikan sebuah acuan modifikasi elegan untuk sebuah mobil MPV. Sentuhan modifikasi kreatif diserahkan ke para bengkel spesialis dan produsen aftermarket diantaranya Bodyworkshop oleh Tomi Airbrush, Autorefinish oleh Penta Prima, Lighting oleh Dans Motor, undercarriage oleh Eldee Suspension, velg dari JF Luxury, dan dari Yokohama Indonesia, Instalasi Audio oleh Momentum, serta Interior dari Hardy Classic. Meski sempat terkendala karena unit mobil datang telat dari estimasi awal, kami tetap totalitas mewujudkan ide modifikasi Uya Kuya, Baim Wong, dan Atta Halilintar menjadi satu kesatuan modifikasi VIP Luxury secara utuh,” sambung Tomi.

“Nantikan keseruan puncak Black Stone Live Modz Challenge 2023 ‘All Stars’ di acara Big Bang OLX IMX 2023 pada 29 September – 1 Oktober 2023 yang berlangsung di Hall A-B, Jakarta Convention Center (JCC). Nantikan 30 supporting program menarik OLX IMX 2023 seperti 50 mobil modifikasi NMAA Top 50, Black Stone Live Modz Challenge ‘All Stars’, IMX Overseas Guest: Keiichi Tsuchiya;Liberty Walk; Ryan Rywire; Musa Tjahjono, IMX Exclusive Release, IMX Garage Sale dan IMX Aftermarket Auction serta IMX Masterclass yang akan menghadirkan program edukasi khusus untuk para pecinta otomotif dan lifestyle. Selain itu tentunya berbagai suguhan gaya hidup, seperti: RC Drift Competition, Sneakers Auction, Die Cast Custom & Race Championship, Tahilalats Art installation dan masih banyak lagi. Untuk menikmati berbagai program dan keseruan OLX IMX 2023 dapatkan terlebih dulu tiket on the spot OLX IMX 2023 mulai dari harga Rp100 ribu untuk kategori 1 day pass, Rp250 ribu untuk 3 day pass,” tutup Andre