October 04 – October 06, 2024 / Indonesia Convention & Exhibition, ICE BSD

Persiapan Jelang Series Pertama OLX Autos IMX 2023 yang akan Berlangsung Dalam Gelaran Osaka Auto Messe 2023 di Jepang

IMX,- Asosiasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) sebagai penyelenggara gelaran OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2023 tengah mempersiapkan diri untuk berpartisipasi secara langsung di pameran otomotif Osaka Auto Messe 2023 ke-26 di Jepang sebagai bagian dari OLX Autos IMX 2023 Series yang pertama.

Misi kali ini memberangkatkan tim Great of Indonesia dalam mendukung tumbuhnya industri otomotif khususnya modifikasi kendaraan di dalam negeri serta memiliki daya kompetitif guna terus memberikan motivasi untuk meningkatkan kreativitas, inovasi, serta memacu berkembangnya pelaku usaha sektor komponen kendaraan yang berbasis sumber daya lokal.

Acara yang digagas oleh asosiasi merek aftermarket Jepang, Nippon Auto Parts Aftermarket Committee (NAPAC) akan berlangsung pada 10 – 12 Februari 2023 di gedung pameran INTEX Osaka, Makuhari Messe, Jepang.

“Misinya membawa “Great of Indonesia”, kami membawa dan memperkenalkan berbagai produk otomotif khususnya aftermarket buatan anak bangsa ke publik otomotif dunia melalui gelaran OAM 2023 di Jepang. Hal ini sekaligus menjadi rangkaian pemanasan OLX Autos IMX 2023,” buka Andre Mulyadi selaku Founder NMAA.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Indonesia Modification Expo (@indonesiamodificationexpo)

Wujud dari kolaborasi IMX 2023 dan OAM 2023 ini membuka peluang yang bisa dimanfaatkan dari masing-masing brand aftermarket dan pelaku industri otomotif tanah air untuk memperkenalkan produk modifikasi, memperluas promosi, dan tentunya memperluas jaringan penjualan dengan skala internasional.

“Program ini tentunya mendukung market research dan pengembangan produk aftermarket lokal, terlebih Jepang memiliki quality control produk yang tinggi agar produk tersebut aman dan nyaman digunakan oleh konsumen. Tim Great of Indonesia akan menyerap berbagai ilmu dan wawasan untuk diterapkan secara nasional selama gelaran OAM 2023. Maka, jika semakin banyak produk aftermarket Indonesia diterima pasar Jepang, berarti kualitasnya sudah diakui dan tinggal meningkatkan jumlah produksi nya saja,” jelas Andre.

Beberapa produk Indonesia yang nantinya akan memperkenalkan produknya secara langsung di gelaran OAM 2023 antara lain produk lampu dari Yoong Motor, Saber Industries dan Osram Indonesia; produk cat Belkote Paints; brand velg lokal DNZ Wheels dan Turbo Bastard; spesialis modifikasi lampu Lumens Light, produk stiker Max Decal; spesialis interior Vertue Concept; bengkel modifikasi ProRock Jakarta; serta kolaborasi NMAA dengan produk apparel Hammerstout.

“Saat ini persiapan tim Great of Indonesia sebelum bertolak ke Jepang sudah mencapai 90 persen. Kami berharap dapat menjalin pengaruh positif, berkesinambungan, dan berkelanjutan yang dapat saling mengisi satu sama lain untuk menyebarkan gaya modifikasi proper,” kata Andre.

Pameran OAM 2023 mengusung kemasan pameran otomotif dan modifikasi berkonsep gathering komunitas otomotif, sehingga nantinya akan menjadi tempat strategis yang menjadi inspirasi bagi pengembangan produk modifikasi di Indonesia.

“Memasuki 2023 ini, aktivitas modifikasi banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kehadiran mobil listrik atau hybrid. Namun mobil bekas (Mobkas) jenis bensin dan mobil diesel masih banyak diburu untuk basis modifikasi. Untuk itu, kita perlu meninjau langsung pergerakan tren dari Jepang sebagai barometer modifikasi internasional. Selain dapat menumbuhkan inspirasi untuk para produsen aftermarket di Indonesia, kami berharap dapat memicu hadirnya lahirnya kreasi di ranah industri modifikasi dan aftermarket,” ujar Sandy Maulana, Director of Marketing OLX Autos Indonesia.

Keterlibatan OLX Autos IMX 2023 dalam ajang pameran OAM 2023 yang digelar 3 hari ini menjadi saksi kemunculan ratusan karya kreatif skena otomotif Jepang dengan mencatatkan angka pengunjung sebanyak 300.000 tiap tahunnya.

“Kami berharap adanya timbal balik yang positif, serta ide yang bisa diterapkan di Indonesia. Untuk itu, mari dukung karya modifikasi dan aftermarket dalam negeri agar punya kualitas tinggi dan daya kompetitif menuju Indonesia sebagai barometer modifikasi di masa depan di Asia bahkan di dunia,” tutup Sandy.

Sementara itu menurut Andre, “Regulasi khusus dari pemerintah Jepang sudah mulai dibentuk bahkan pada 1960. Saat itu mulai banyak beredar part-parts modifikasi. Lalu, bermunculan anak muda dengan mobil modifikasi mereka. Alhasil, muncul perhatian khusus dari pemerintah supaya para penggemar modifikasi dapat berkarya tanpa memunculkan pengaruh buruk. Pemerintah memikirkan dari mulai mengatur estetika, tenaga bahkan aspek keselamatannya. Ini yang harus kita pelajari dari industri disana, oleh karena itu keberangkatan tahun ini NMAA juga bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk dapat mempelajari regulasi dan budaya modifikasi yang dapat dikembangkan di Indonesia”ujarnya.

Terkait konsep acara, OAM 2023 fokus sebagai acara berkumpulnya komunitas otomotif di Osaka, dan juga dikemas sebagai wisata hiburan keluarga yang turut menghadirkan sejumlah penampilan artis, panggung pertunjukan, mobil modifikasi dan komunitas otomotif Jepang.

Ajang OAM 2023 dihelat selama 3 hari pada akhir pekan di pertengahan bulan Februari di setiap tahunnya. Pameran yang berlokasi di diadakan di Intex (International Exhibition Center) Osaka ini mampu mencatat sebanyak 200.000 pengunjung setiap gelarannya.

Ikuti terus persiapan team Great of Indonesia yang akan berangkat mewakili Indonesia ya!