Tahun ini, Indonesia Modification Expo (IMX) akan kembali hadir dengan tema “The Power of collaboration”. Seperti tahun lalu, salah satu magnet yang menarik para Petrolheads adalah activation NMAA Top 50, yang merupakan seleksi 50 mobil terbaik yang ada di Indonesia melalui sistem kurasi ketat dari para ekspertis dunia (Amerika, Jepang, Australia, dan Indonesia), kabar baiknya adalah proses seleksinya saat ini telah resmi dibuka!

 

Seperti Apa IMX NMAA Top 50?

Erwin Mohamad, Director dari IMX NMAA Top 50 menjelaskan bahwa NMAA Top 50 sendiri merupakan pemilihan mobil-mobil terbaik yang dikurasi secara ketat oleh industry expert dari Amerika, Jepang, Indonesia, dan Australia. Penilaian dan pemilihan NMAA Top 50 ini dilakukan secara seksama, “Prosesnya panjang dan seleksinya sangatlah ketat, tapi terbukti setiap mobil yang hadir di IMX NMAA Top 50 selalu menjadi barometer di Industri modifikasi Indonesia, tahun lalu keberhasilannya luar biasa,” jelas Erwin.

Lalu setiap mobil yang terpilih dari seluruh Indonesia, akan dipamerkan pada IMX 2019 ada 28-29 September 2019 nanti. Jadi, 50 mobil inilah yang akan mewakili indutri modifikasi Indonesia di mata dunia, IMX tahun ini merilis hashtag #LaunchForTheWorld, dimana sesuai dengan semangat setiap mobil tersebut akan disajikan untuk industri modifikasi global. Karena itu kurasinya melibatkan media dan tuner luar negeri.

Dari data tahun lalu, NMAA Top 50 menampilkan deretan mobil-mobil yang tidak hanya keren tetapi menjadi satu standar era baru di industri aftermarket dan modifikasi di Indonesia. Misalnya seperti Mazda RX-7 FD2S 2002 milik Ferry “FHS JDM” yang dinobatkan sebagai “The Ultimate”.

“Lewat IMX NMAA Top 50 kami menginginkan para builder memiliki integritas untuk dapat mengapresiasi setiap lawannya, inilah yang membuat “The Ultimate” terasa spesial, karena pemenangnya adalah yang mendapat apresiasi dari para nominasi pemenang lainnya. Ketika para builder/modikator dapat saling mengapresiasi, kami percaya itulah momentum kemajuan industri modifikasi Indonesia,” ujar Erwin lagi.

Tidak hanya sebatas kompetisi, IMX NMAA Top 50 juga mendulang kesuksesan dengan memberikan nilai lebih pada para builder yang memajang karyanya. Salah satu peserta tahun lalu, yaitu Toyota Sprinter Trueno AE86 milik @pengepulmobil ditawar seorang kolektor hingga Rp 1,7 miliar. Lainnya, Iman dari Gear Head Monkey juga mendapatkan berbagai dealing ekslusif dari mobil-mobil klasik dan muscle yang dipamerkan pada IMX 2018 lalu.

Sehingga expo modifikasi yang digawangi NMAA melalui IMX berhasil sesuai visinya mengangkat para pelaku industri modifikasi untuk naik level menjadi tuner kelas dunia.

 

Apa Saja Ketentuan Registrasi IMX NMAA Top 50?

Secara umum ketentuan registrasinya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan follow akun Instagram @imx.id.
  2. Direct message foto-foto mobil modifikasi yang mau didaftarkan. Tampak depan, belakang, interior, audio (jika ada), beserta lampirkan spesifikasi modifikasinya secara lengkap. Mulai dari 17 Juni 2019.
  3. Sertakan juga nomor telepon dan alamat email pendaftar untuk memudahkan korespondensi.
  4. Jika kurator sudah menemukan 50 mobil modifikasi terbaik dalam waktu tertentu, maka pendaftaran segera ditutup.

Mobil modifikasi dinilai layak mengikuti IMX NMAA Top 50 oleh para kurator tidak dilihat hanya dari kualitas pengerjaan modifikasinya saja. Namun juga harus membawa konsep dan karakter modifikasi yang menarik dan kuat. Mobil-mobil modifikasi yang terpilih akan dihubungi tim IMX untuk kelengkapan administrasi berupa pengisian formulir dan juga biaya pendaftaran dua juta rupiah. Semuanya berharap dari NMAA Top 50 ini Indonesia akan melihat potensi sesungguhnya karya mobil-mobil modifikasi Indonesia yang selama ini tersimpan.

Turut sertanya para modifikator/asosiasi tuning/media dari Negara yang industri modifikasinya lebih maju seperti: Amerika, Jepang dan Australia sebagai kurator menimbulkan kesempatan besar karya modifikasi kita bisa dilihat di luar negeri. Faktanya yang terjadi saat ini Indonesia IMX dinilai sebagai pasar paling potensial untuk modifikasi dan otomotif di Asia Tenggara. So, silakan registrasikan mobil modifikasi keren kalian, dan tunjukan pada Dunia di IMX 2019!

Perlu Anda ketahui jika IMX bukanlah kontes modifikasi atau car meet-up. IMX saat ini adalah pencapaian tertinggi dunia modifikasi Indonesia, dimana terdapat seluruh element industri tuning baik dari pabrikan mobil, merek aftermarket, dan modifikator bersatu. Yang lebih menarik, semangat kolaborasi ini akan membuat industri modifikasi tidak lagi pada standar yang sama, akan tetapi menapaki satu standar yang lebih maju dan diakui oleh Dunia modifikasi global. Maju terus industri modifikasi Indonesia! Sampai berjumpa di IMX 2019, Balai Kartini, Jakarta, 28-29 September 2019.