Produk Aftermarket Tanah Air Siap Memikat Industri Modifikasi Jepang Dalam Gelaran OLX Autos IMX 2023 Seri Pertama di Pameran Osaka Automesse 2023

Produk Aftermarket Tanah Air Siap Memikat Industri Modifikasi Jepang Dalam Gelaran OLX Autos IMX 2023 Seri Pertama di Pameran Osaka Automesse 2023

IMX,- OLX Autos IMX 2023 akan membuka rangkaian seri perdana di pameran modifikasi Osaka Automesse (OAM) 2023 pada 10 – 12 Februari 2023 mendatang.

Ekspo modifikasi yang diprakarsai perusahaan Kotsu Times Sha ke-26 ini akan berlangsung di Gedung Intex Osaka, Suminoe-ku, Osaka, Prefektur Osaka, Jepang.

Dalam muatan tema ‘spread, connect for exciting life with your car’, OAM 2023 fokus pada persiapan menyongsong bangkitnya industri modifikasi Jepang usai terdampak pandemi.

Selain menjadi barometer berkreasi para komunitas modifikasi di Jepang, OAM 2023 tahun ini disebutkan mulai merambah ke jenis Electric Vehicle (EV).

Gelaran OAM 2023 merupakan sarana untuk berkumpulnya komunitas otomotif di Osaka, dan juga dikemas sebagai wisata hiburan keluarga yang turut menghadirkan sejumlah penampilan artis, panggung pertunjukan, mobil modifikasi dan komunitas otomotif Jepang.

Kerjasama OLX Autos IMX 2023 bersama OAM 2023 turut mengajak para produsen brand aftermarket dan lifestyle lokal tanah air untuk berpameran selama acara OAM 2023 berlangsung.

Foto: IMX

Untuk itu, tim Great of Indonesia siap bertolak ke Jepang demi memperkenalkan, mengembangkan, dan memperluas gagasan seputar industri modifikasi dan aftermarket tanah air.

Dalam sambutannya melalui video tapping, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengatakan, “OLX Autos IMX 2023 menjadi wadah kegiatan yang beririsan dengan sub sektor desain produk di Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif RI yang tentunya diharapkan dapat membuka peluang industri kreatif Indonesia dalam melakukan akselerasi. Kolaboras OLX Autos IMX 2023 dan pameran modifikasi Osaka Automesse dapat memperluas target pasar para pelaku industri modifikasi dan aftermarket sebagai bagian dari industri kreatif di Indonesia.”

Sandi menambahkan, misi Great of Indonesia dalam series pertama OLX Autos IMX 2023 di Osaka Automesse dapat memicu pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia, peningkatan ekspor dan membuka lebih banyak lapangan kerja baru.

Sementara itu Founder NMAA sekaligus IMX Project Director dalam acara press conference yang digelar di White Collar SCBD mengatakan, “Kami ucapkan terima kasih kepada penyelenggara Automesse Association dan Nippon Auto Parts Aftermarket Committee (NAPAC) atas ketersediaannya dalam mendukung industri modifikasi dan aftermarket Indonesia. Semoga dapat terus bersinergi menyebarkan edukasi seputar modifikasi yang proper sekaligus menjadi sarana bertukar ide dan gagasan agar dapat memotivasi industri modifikasi dan lifestyle di Indonesia dan Jepang.”

Dalam upaya membangkitkan ekosistem industri otomotif di awal 2023, Andre mengatakan produk modifikasi buatan anak bangsa semakin menunjukan pencapaian positif.

Hal ini terbukti saat kondisi pandemi dimana penjualan part aftermarket dan lifestyle tetap diminati. Bahkan, permintaan komponen aftermarket terus bertumbuh mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia yang kian membaik.

Foto: IMX

NMAA dan IMX berkomitmen untuk menyebarkan kesadaran pentingnya potensi besar industri aftermarket sebagai salah satu penopang berkembangnya tren otomotif di Indonesia, sekaligus menjadikan industri aftermarket dan modifikasi sebagai industri yang menjanjikan untuk digeluti.

Sekjen Osaka Automesse Management Yoshizaka mengatakan, banyaknya kendaraan asal Jepang yang hadir di Indonesia dapat berpengaruh terhadap hadirnya produk aftermarket lokal dari Indonesia atau sebaliknya.

“Kolaborasi antara Automesse, dan NMAA yang menyelenggarakan IMX mendatangkan prospek pasar yang baik untuk industri aftermarket dimana kita dapat terus bersinergi untuk bertukar ilmu, produk, dan informasi,” ujar Yoshizaka san.

Menurut Yoshizaka san, industri aftermarket dan modifikasi di Indonesia akan terus berkembang seiring tingginya permintaan personalisasi dan kustomisasi kendaraan dari para car enthusiast. Terlebih lagi, banyaknya produk kendaraan asal Jepang di Indonesia.“

“Pasar suku cadang aftermarket akan semakin bertambah seiring dengan peningkatan produk yang memenuhi kebutuhan bagi konsumen seperti peningkatan suku cadang impor meliputi velg dan knalpot aluminium kualitas Jepang. Kami berupaya terus mengumpulkan, menyebarkan informasi, dan juga menyiapkan tempat strategis agar industri otomotif khususnya modifikasi Indonesia dapat merasakan pengalaman berinteraksi dengan publik dunia di OAM 2023,” tutup Yoshizaka san.

Foto: IMX

Sejak pertama kali muncul di 2018 lalu, tim Great of Indonesia telah berpartisipasi dalam ajang OAM 2023 dengan membuka booth guna menampilkan hasil produk dari industri aftermarket karya tangan kreatif para pelaku industri Indonesia. Khusus tahun ini, sejumlah produk lokal tanah air yang akan ikut serta diantaranya:

  • Yoong Motor Indonesia, akan membawa produk lampu aftermarket di bawah naungan langsung oleh tim Yoong Motor Group, yakni Osram Indonesia, Saber Industries, Ruchi Vision dan Lumens Light. Osram Indonesia akan memajang berbagai produk seperti Osram CBI All Season dan Osram CBI Laser. SR3 dan SR Nano diperkenalkan sebagai lini produk dari Saber Industries. Sedangkan Ruchi Vision membawa beragam jenis lampu LED Ultra Bright yang sudah mengusung pemasangan plug & play di berbagai jenis mobil. Selain itu, bengkel modifikasi Lumens Light membawa produk DRL All New Xpander Custom Lazy eyes cutting Laser with Neomatrix Led dan Custom headlamp innova reborn with quad (4 set) projector biled + Ring & DRL Lazy block honeycomb.
  • Produsen cat otomotif Belkote Paints, akan membawa dua produk andalan berupa Belkote PU 2K Clear Coat 2100, Belkote PU 2K Clear Coat 3000 dan hasil pengecatan rangka sepeda motor menggunakan produk cat Belkote Paints.
  • DNZ Wheels, akan menampillkan Tormenta R15 dan Roku R15 di jajaran etalase produk velg buatan asli Indonesia.
  • Turbo Bastard Wheel, akan membawa produk TBW ‘Dashing’ R15 hitam plus Turbodisc yang lebih mengacu pada gaya modifikasi klasik di era modern.
  • Max Decal, akan memanfaatkan momen pameran sebagai sarana promosi dengan membawa 3 pcs pelat ukuran A4 dengan sampel stiker, brosur, dan sticker souvernir yang menjadi ciri khas brand tersebut.

Selain itu sejumlah produk Indonesia lainnya yang juga mendukung tim Great of Indonesia di gelaran OAM 2023 antara lain spesialis interior Vertue Concept; bengkel modifikasi ProRock Jakarta; serta kolaborasi NMAA dengan produk apparel Hammerstout.

Kampanye Great of Indonesia sebagai wujud dari visi industri aftermarket Indonesia yaitu membawa produk atau jasa modifikasi Indonesia ke level dunia yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, serta platform jual-beli mobil bekas berkualitas OLX Autos Indonesia.

“Di Indonesia, mobil asal pabrikan Jepang begitu mendominasi pasar karena dianggap praktis, efisien, dan mudah dalam hal mencari suku cadangnya. Oleh karena itu, mobil bekas asal Jepang pun masih banyak diminati konsumen baik itu untuk pemakaian harian atau untuk dimodifikasi. Kolaborasi OLX Autos IMX 2023 dan Osaka Automesse ini kami harapkan dapat saling memberikan dampak positif antar ekosistem industri aftermarket dimana kita bersama-sama memberikan pengaruh positif untuk skena modifikasi yang semakin berkembang saat ini,” tutur Hendri Tadjuni selaku COO OLX Autos Indonesia.

Hendri melanjutkan, jika komponen aftermarket Indonesia sudah diminati pasar Jepang, tidak menutup kemungkinan akan berdampak terhadap penjualan mobil bekas.

“Dengan menawarkan berbagai produk untuk jenis mobil bekas, OLX Autos Indonesia mendukung penuh gelaran seri pertama OLX Autos IMX 2023 untuk memperluas segmentasi kendaraan sesuai permintaan pasar dan kebutuhan masyarakat Indonesia,” tutup Hendri.

Foto: IMX

IMX Project Director Andre Mulyadi menambahkan, melalui kampanye Great of Indonesia di Osaka Automesse 2023, pihaknya siap menyongsong era baru dalam dunia otomotif khususnya modifikasi di Indonesia.

Suguhan tema baru ‘The Power of Creativity’ menandai kolaborasi akbar industri modifikasi, aftermarket, dan lifestyle dalam satu rangkaian agenda selama 2023 hingga puncak acara OLX Autos IMX 2023 nanti yang akan diselenggarakan pada 29 September – 1 Oktober di Hall A-B JCC, Senayan, Jakarta.

“Pameran modifikasi Osaka Automesse 2023 menjadi seri pertama OLX Autos IMX 2023 yang bertujuan untuk membuka kesempatan seluas-luasnya untuk semua modifikator dan merek aftermarket berkolaborasi dalam memacu lahirnya kreativitas dan inovasi. Kita bisa belajar banyak di Jepang yang asosiasi modifikasinya sudah berkiprah selama puluhan tahun dan berkomitmen untuk membawa karakteristik tersendiri dari industrinya,” tutup Andre.

Ikuti terus update terkini tim Great of Indonesia yang akan berangkat mewakili Indonesia ke Jepang!