Menparekraf RI Sandiaga Uno Optimistis, Kreator Modifikasi & Aftermarket Tanah Air Mendapat Sambutan Positif di Osaka Automesse 2023

Menparekraf RI Sandiaga Uno Optimistis, Kreator Modifikasi & Aftermarket Tanah Air Mendapat Sambutan Positif di Osaka Automesse 2023

IMX,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mendukung gelaran series pertama OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2023 (OLX Autos IMX 2023) yang berlangsung di pameran modifikasi dan aftermarket Osaka Automesse ke-26 di Jepang pada 10-12 Februari 2023.

Dalam acara yang bertajuk The Weekly Brief with Sandiaga Uno, Senin (30/1/2023), Sandiaga mengatakan, industri modifikasi Indonesia memiliki potensi besar berkat kreativitas para produsen aftermarket dan bengkel spesialis. Acara ini dihadiri oleh Founder NMAA sekaligus IMX Project Director Andre Mulyadi, Founder Yoong Motor Group Yoong Yomin, Marketing Director PT Bintang Chemical Indonesia (Belkote Paints) Andrew Budi Kurniawan, Director Max Decal Nofian Hendra, serta COO OLX Autos Indonesia Hendri Tadjuni.

“Seiring berkembangnya kultur modifikasi di Indonesia, saya ditugaskan oleh pak presiden Jokowi mengajak asosiasi dan acara modifikasi agar bersama-sama memajukan industri otomotif terutama parts aftermarket,” kata Sandi.

Lebih lanjut, Menparekraf RI Sandiaga Uno juga berharap industri otomotif khususnya di sektor modifikasi dapat mendorong kegiatan ekspor. Kegiatan serupa perlu terus didukung secara simultan sebagai wadah untuk menunjukan kreativitas, serta mendorong industri otomotif untuk berkembang tiap tahunnya.

Foto: NMAA

“Kami mengamati kreativitas industri otomotif Indonesia ini luar biasa. Bahkan, sudah bisa disandingkan dengan karya modifikator internasional. Untuk itu, pentingnya terus membangun kolaborasi demi meningkatkan potensi komersialisasi dari industri modifikasi itu sendiri sehingga dapat berpengaruh terhadap terbukanya lapangan kerja dan inovasi produk berkualitas,” ujar Sandi mengingatkan.

Dalam seri pertama OLX Autos IMX 2023 ini akan melibatkan brand aftermarket dan lifestyle yang menampilkan kreasi terbaiknya di hadapan publik otomotif Osaka Automesse 2023.

“Series pertama OLX Autos IMX 2023 di Osaka Automesse menjadi pembuka rangkaian event satu tahun penuh sampai acara puncak di 29 September sampai 1 Oktober 2023 mendatang. Nantinya kita akan bagi menjadi beberapa series. Khusus series pertama, keterlibatan para kreator aftermarket di Osaka Automesse bertujuan memperkenalkan karya terbaik kreator modifikasi Indonesia untuk membuka peluang memajukan produk lokal di pasar internasional,” jelas Andre Mulyadi selaku Founder NMAA dan IMX Project Director.

Foto: NMAA

Kolaborasi OLX Autos IMX 2023 dan Osaka Automesse 2023 diharapkan dapat menjadi momentum tepat bagi para brand aftermarket dan lifestyle dalam mendukung aktivitas market research produknya lebih mendalam. Terlebih lagi, industri aftermarket di Jepang memiliki standar kualitas sebelum sebuah produk tersebut dijual ke pasaran.

“Beragam produk kreatif buatan lokal dilahirkan dari tangan terampil para SDM berkualitas. Saat ini, industri kustomisasi otomotif Indonesia sudah bisa menyetarakan kualitas. Bedanya, biaya produksi disana jauh lebih besar sedangkan kalau dibuat di Indonesia bisa memangkas tingginya biaya produksi tersebut. Inilah yang menjadi sebuah peluang mendatangkan produk ekspor buatan anak bangsa,”ungkap Andre.

Asosiasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) mengikutsertakan produk brand aftermarket dan lifestyle dalam tiga hari gelaran pameran gedung pameran INTEX Osaka, Makuhari Messe, Jepang mulai dari produk lampu dari Yoong Motor, Saber Industries dan Osram Indonesia; produk cat Belkote Paints; brand velg lokal DNZ Wheels dan Turbo Bastard; spesialis modifikasi lampu Lumens Light, produk stiker Max Decal; spesialis interior Vertue Concept; bengkel modifikasi ProRock Jakarta; serta kolaborasi NMAA dengan produk apparel Hammerstout.

Foto: NMAA

Beberapa peserta menuturkan harapan dan tujuan berpameran di Osaka Automesse pada series pertama OLX Autos IMX 2023, seperti Yoong Motor yang sebelumnya terbilang rutin menunjukan kreasi terbaiknya di kancah internasional bersama NMAA. Kali ini, spesialis modifikasi lampu kendaraan ini akan membawa produk dari tiga rekanan merek aftermarket.

“Bagi Yoong Motor Group, kegiatan ini menjadi peluang untuk terus mengikuti tren dan mengembangkan produk sesuai keinginan konsumen yang bersifat dinamis. Produk modifikasi lampu misalnya, teknologi yang mereka pakai sudah diaplikasikan lebih dulu di Indonesia. Kita akan banyak belajar tentang karakter modifikasi, kreativitas dan detail pengerjaan,” terang Founder Yoong Motor Group Indonesia, Yomin Sugianto.

Hal senada juga diungkapkan oleh Marketing Director PT Bintang Chemical Indonesia (Belkote Paints), Andrew Budi Kurniawan, jika partisipasinya membawa produk cat Belkote Paints sekaligus memperkenalkan kreativitas seni budaya lokal.

“Belkote Paints berkolaborasi dengan Kedux Garage membawa produk tangki motor custom bertema seni dan budaya lokal yang pengerjaannya menggunakan produk cat Belkote Paints,” ujar Andrew.

Sementara hal sama dikatakan oleh Nofian Hendra selaku Director produk stiker otomotif Max Decal, series pertama OLX Autos IMX 2023 di Osaka Automesse akan memperkenalkan produk Paint Protection Film (PPF).

“Jenis stiker bening ini bermanfaat memberikan daya tahan terhadap goresan atau benturan di permukaan bodi kendaraan. Selain itu, punya warna unik yang bisa dipilih modification enthusiast untuk personalisasi kendaraannya,” sebut Nofian.

Foto: NMAA

Usai sesi talkshow berlangsung, Sandiaga melihat langsung hasil modifikasi bengkel spesialis mobil JDM Prabuss, sport car ikonik khusus pasar Jepang, yakni Nissan GT-R R34.

Ikuti terus update terkini tim Great of Indonesia yang akan berangkat mewakili Indonesia ke Jepang!