IMX 2020 Digelar Lebih Atraktif

Perhelatan Indonesian Modification Expo 2020 (IMX 2020) bakal digelar meriah dengan pertunjukan Video Mapping. Teknik visual tersebut merupakan bagian dari konsep Hybrid Event yang memuat konsep pameran virtual pertama di Indonesia. Mengusung tema #UnsealTheAge, IMX tahun ini akan menghadirkan pameran otomotif terbarukan. Hal ini merupakan opsi alternatif sesuai protokol kesehatan pemerintah untuk membatasi kontak fisik. Memasuki masa kelaziman baru, mendorong sejumlah tatanan kehidupan secara masif.

Meski digelar secara virtual, pameran otomotif dan barang aftermarket akan tetap menghadirkan suasana seperti Off Air Event. Pengunjung dapat melihat sejumlah mobil modifikasi, sharing session modifikator sampai pembelian barang aftermarket. Hanya saja, bisa dijangkau melalui perangkat gawai seperti smartphone atau laptop selagi #dirumahaja. Mengusung konsep Event Hybrid, pameran kali ketiga ini memadukan unsur On Air dan Off Air yang merupakan wujud kreatifitas IMX dan Visual Content terbaik di Indonesia. Nantinya akan menghadirkan video mapping menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optik pada sejumlah objek.

Visual Content IMX 2020, Raphael Donny menuturkan, konsep video mapping yang dihadirkan nantinya lebih futuristik mengaplikasikan sejumlah perangkat canggih untuk menghadirkan pengalaman berkunjung ke pameran virtual. “Kami akan memasang sejumlah set up rumit untuk hasil yang memuaskan, proyeksi di area pameran, dan pengunjung bisa melihat tampilan mobil yang dipamerkan,” ujar Donny belum lama ini.

Ia menjelaskan pengunjung dapat menonton video mapping best view setara dengan menyaksikan pertunjukan di kelas VVIP. Nantinya sejumlah kamera dipasang di setiap sudut agar pengunjung dapat menonton pameran selama empat jam nonstop. Tiap sudut dapat dijangkau dengan mudahnya. Dari segi kualitas suara, akan dipasangi mixer multi channel lebih banyak.”Konsep video mapping tersebut juga banyak fitur yang nantinya hanya akan dirasakan pengunjung saat event berlangsung. Seperti yang sudah dikonsepkan sebelumnya,” tambahnya.

Diketahui Donny berkiprah di dunia visual selama belasan tahun. Sejumlah project out of the box pernah digarap dengan menggunakan teknologi serba futuristik. Melalui media kamera dan panel pencahayaan LED, Donny menghadirkan produk Video Mapping yang dapat memanjakan mata penonton. Misalnya pada peringatan Hari Sumpah Pemuda di Gereja Katedral Jakarta 2019 lalu. Menampilkan lanskap gereja serta wajah tokoh nasional seperti Sukarno, Muhammad Hatta, dan Budi Utomo, permainan laser selama tiga hari berturut-turut.

Dengan konsep yang hampir sama, Dony mengaplikasikan penggunaan proyektor kelas atas berdaya tinggi 20.000 lumens di atas dan teknologi DLP 3-chip. Tidak hanya di proyektor, pengguna teknologi canggih seperti Layar piksel LED, pemrosesan gambar high-end, dan transmisi sinyal 4K.

Selain itu, beberapa project yang sempat digarapnya seperti pertunjukan visual terbesar di dunia saat perhelatan Asian Games 2018 di Monumen Nasional (Monas). Selain itu dirinya juga sempat meraih sejumlah penghargaan di Hongkong dan Dubai, juga menyuplai konten animasi. Selain menggarap video mapping IMX 2020, Donny punya beberapa project yang hendak digarap misalnya Olimpiade Tokyo 2020 dan Expo di Dubai.

Ingin merasakan langsung animo keseruan IMX 2020 10 Oktober nanti? Ayo pantengin terus instagram @indonesianmodificationexpo